Selasa, 02 Agustus 2016

Kebiasaan Yang Dapat Melindungi Jantung Agar Tetap Sehat

http://duniakesehataaann.blogspot.com/2016/08/kebiasaan-yang-dapat-melindungi-jantung.html

Dunia Kesehatan, Melindungi Jantung Tetap Sehat- Penyakit Jantung merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Kini penyakit jantung tidak hanya menyerang orang tua saja, akan tetapi kini penyakit jantung juga sudah menyerang anak muda.


Maka dari itu kita tidak perlu menunggu tua untuk menjaga kesehatan jantung, maka sebaiknya lakukan dari sedini mungkin. Dengan menjalankan gaya hidup sehat dan melakukan deteksi sejak dini merupakan salah satu cara untuk menjaga jantung tetap sehat.

Menurut hasil study yang telah dilakukan Nurse's Health Study. " Wanita yang tidak merokok dengan berat badan normal serta rajin berolah raga, diet sehat dan jarang minum minuman yang beralkohol sekitar 83 persen cendrung lebih rendah berisiko terkena serangan jantung ataupun meninggal karena penyakit jantung di banding kan dengan yang lain, sedangkan untuk hasil pada pria hampir sama."

Berikut ini ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk melindungi jantung agar tetap sehat diantaranya :


1. Aktif bergerak

Dengan melakukan olah raga dan bergerak dengan aktif merupakan salah satu cara untuk menjauhjan diri dari penyakit jantung dan juga penyakit kronis lainnya. apapun jenis kegiatan yang aktif itu akan lebih baik daripada tidak melakukan kegiatan sama sekali, namun berolah raga sangat disarankan untuk melakukan olah raga setidaknya 30 menit per hari.

2. Hindari merokok

Baik merokok maupun menghisap asap rokok merupakan hal yang sangat buruk bagi kesehatan jantung , arteri serta paru -paru. dengan tidak merokok maka dapat membuat tubuh serta jantung menjadi lebih sehat.


3.  Batasi konsumsi alkohol

Bagi pria jangan mengkonsumsi minuman yang beralkohol secara berlebihan, usahakan perharinya hanya minum satu gelas minuman beralkohol. Sementara pada wanita sebaiknya sehari konsumsi kurang dari satu gelas minuman beralkohol, Akan tetapi sangat di sarankan untuk menjaga kesehatan jantung, akan jauh lebih baik bila tidak mengkonsumsi minuman beralkohol sama sekali.

4. Menjaga berat badan agar tetap normal

Seseorang yang kelebihan berat badan, terutama adanya lemak yang berada di perut bisa membahayakan kesehatan jantung anda. Jika memang anda gemuk , maka dengan menurunkan 5-10 persen sari berat badan awal bisa membuat perubahan pada tekanan darah dan gula darah.


5. Mengkonsumsi beragam makanan sehat

Ada baiknya jika anda menyajikan beraneka ragam makanan bagaikan pelangi, dengan memperbanyak buah, sayur , biji- bijian, lemak sehat dan juga protein sehat. Ada baiknya jika anda menghindari makanan olahan, garam daging merah dan minuman bersoda atau minuman manis lainnya demi untuk menjaga agar jantung tetap sehat.






0 komentar:

Posting Komentar